Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Cara Membuat Nugget Sayur

Sekarang, saya akan mengajak bunda-bunda sekalian untuk membuat salah satu resep sayur nugget baru yang bernama nugget sayur kentang. Ya, kalian pasti mengira kentang itu hanya dibuat kentang goreng, kentang rebus dan yang lain. Kali ini kita akan memberi resep membuat nugget kentang dengan keju dan sayuran.

Dengan perpaduan kentang rebus sehat, keju chedar, wortel yang kaya vitamin alami dan bahan alami lainnya, resep nugget kentang ini cocok sekali untuk dikosumsi anak-anak dalam masa pertumbuhan. Untuk lebih jelas mengenai bahan, bumbu serta cara membuatnya, silahkan melihat detail berikut.
Resep Cara Membuat Nugget Sayur
Resep Cara Membuat Nugget Sayur

Bahan dan Bumbu
  • Sesuai namanya, bahan yang diperlukan adalah kentang yang bagus kurang lebih sebanyak 1500 gram.
  • Keju Cheddar kualitas bagus sebanyak 80-100 gram. Potong potong kecil sesuai selera agar mudah dicampur bahan resep nugget lain.
  • Tepung terigu sebanyak 150 gram
  • Wortel ukuran kecil, kualitas bagus 2 pcs atau ukuran besar 1.5 pcs. Kupaslah kulit lalu potong kecil.
  • Tepung roti atau tepung panir kwalitas bagus sebanyak 150-170 gram
  • Telur ayam ukuran sedang besar sebanyak 3 butir.
  • Bawang putih ukuran sedang sebanyak 4-5 siung.
  • Kaldu ayam instan kualitas bagus sebanyak satu setengah sendok teh.
  • Merica bubuk atau merica halus sebanyak 3/4 sendok kecil.
  • Garam dapur yang mempunyai kandungan yodium sebanyak satu setengah sendok kecil.
  • Daun bawang segar 2 batang kecil atau satu batang besar.
  • Sayuran Brokoli sedikit saja atau bisa dengan sayur lain seperti kangkung, bayam dan sayuran hijau lainnya. Cuci bersih dan potong kecil kecil.
  • Minyak goreng secukupnya 

Cara Membuat Nugget Kentang Sayuran

Cara memasak nugget kentang sayuran
  1. Kukus kentang hingga matang. Kupas kulitnya terlebih dahulu lalu haluskan setelah matang atau dapat diparut hingga halus sebelum dicampur dengan bahan lain.
  2. Haluskanlah bawang putih yang telah digoreng dan dicampur dengan garam, kaldu ayam instan dan merica bubuk. Masukkanlah dalam kentang halusnya dan aduk kembali sampai rata.
  3. Masukkan wortel, daun bawang dan brokoli telah dipotong kecil. Aduk dan campur lagi hingga semua bahan tercampur.
  4. Ambilah adonan lalu beri potongan keju yang sudah dipotong kecil. Bentuk persegi panjang, kotak atau bentuk lain sesuai selera.
  5. Gulirkan adonan di dalam tepung terigu yang telah disiapkan sampai semua tertutup tepung dengan rata.
  6. Masukkan tepung dalam telur yang telah dikocok sebelumnya lalu gulirkan ke tepung panirnya hingga semua bagian tercampur dan tertutup rata. Ulangilah sampai semua adonan nugget habis.
  7. Sebelum digoreng, nugget harus masukkan dalam freezer terlebih dahulu agar beku (kurang lebih minimal selama 20-30 menit).
  8. Sesudah dibekukan, resep nugget kentang dapat digoreng dengan api sedang kecil dan minyak banyak agar semua bagian nugget terendam dan matang sempurna.
Baca Juga: Mau resep sayur sehat lainnya yang unik yang mungkin belum pernah anda dengan sebelumnya? anda bisa mendapatkan resepnya melalui blog Dapurin ini, Salah satunya >> Resep Sayur Bobor Bayam dijamin jika takaran bumbunya pas rasanya akan sangat nikmat.
Demikianlah tadi tentang Resep Cara Membuat Nugget Sayur, semoga informasi yang saya berikan bermanfaat bagi kita semua dan Selamat mencoba dirumah.

Post a Comment for "Resep Cara Membuat Nugget Sayur"