Resep Cara Membuat Perkedel Sayur Untuk Anak - Anak

Resep Cara Membuat Perkedel Sayur Untuk Anak - Anak - Sayuran adalah sumber vitamin dan mineral penting untuk kelancaran proses metabolisme tubuh. Tapi, kebanyakan anak-anak kurang menyukai sayuran mungkin dari rasanya, tampilannya dan lain sebagainya. Supaya balita tumbuh menjadi penyuka sayuran ada beberapa tips yang bisa anda coba, diantaranya;

  • Biasakan Sejak Dini
Berilah ASI sejak lahir. Disamping mengkonsumsi makanan terbaik, bayi mendapat ASI lebih mudah menyesuaikan diri untuk berbagai variasi makanan, dibanding bayi yang minum susu formula. Hal ini karena bayi minum ASI terbiasa “mencicipi” aneka rasa dan aroma makanan dikonsumsi ibunya. Makanan padat pertamanya. Banyak ahli menyarankan untuk lebih dahulu mengenalkan sayuran daripada buah-buahan. Alasannya, manusia lahir dengan cenderung suka rasa manis, sehingga bila bayi telah mengenal rasa buah lebih dulu dikhawatirkan dia kurang suka rasa sayuran.
  • Bila Terlanjur Tidak Suka Sayur
Makan sayur bersama-sama. Anak kecil suka meniru perbutan orang lain, terutama ibu dan ayah. Ketika makan bersama, isilah piring Anda aneka sayuran, lalu jelaskanlah nama sayuran yang dimakan dan ceritakanlah khasiat pada balita. Libatkan anak. Bila sudah agak besar (sekitar 3,5 tahun), Anda dapat mengajak menanam sayuran di halaman, atau membeli sayur di pasar.
Sajikanlah dengan menarik. Sajikanlah sayuran semenarik mungkin agar menumbuhkan selera makan anak. Misal, bila memasak sup, Anda membentuk potongan wortel mirip bunga matahari, atau susun sayur dalam variasi bentuk, warna, dan rasa di atas piring, sehingga menarik untuk dilihat dan dimakan. Misalnya, membentuk wajah orang. bila perlu, berkreasi bersama balita, supaya imajinasi terangsang.
Resep Perkedel Sayur Untuk Anak - Anak

“Sembunyikan” sayur dalam makanan atau minuman. Sayuran dapat dijadikan bagian dari makanan anak, terutama makanan favoritnya. Misal, potongan wortel atau jagung manis rebus menjadi campuran roti isi, selada, atau nasi goreng nikmat. Alternatif lain, sajikanlah dalam bentuk jus, seperti jus wortel, tomat ataupun mentimun, dicampur dengan sedikit madu dan es jangan lupa, hiasi gelas dengan sedotan warna, payung kecil atau kreasi lain, agar penampilan menarik.
Nah berkaitan dengan itu ada resep yang terkesan menyembunyikan sayuran dalam sebuah lauk pauk yang tentuna di sukai anak-anak yakni Resep Perkedel Sayuran Untuk anak - anak. Berikut resep bahan dan bumbu serta cara membuatnya;

Bahan dan bumbu Perkedel Sayuran:
  • 50 g wortel, kupas, cincang halus / bisa juga di ganti jagung yang di serut
  • Bayam secukupnya ( di pipit ) / bisa juga di ganti brokoli
  • 300 g kentang, kupas, kukus, haluskan
  • 1 kuning telur ayam
  • 75 g bayam merah, rebus, peras, cincang halus
  • 1 sdm tepung terigu
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 sdm bawang merah goreng, haluskan
  • 1 sdt garam
  • 200 ml minyak goreng
 
Pelapis Perkedel Sayuran:
  • 1 butir telor ayam, kocok
  • 100 g tepung panir

Cara Membuat Perkedel Sayuran

  1. Campurlah kentang halus, sayuran wortel dan bayam, dan semua bumbu sampai rata.
  2. Bentuklah adonan bulat /lonjong/ kotak terserah sesuai selera yang penting Wokeh he..
  3. Celupkan bola-bola dalam telur kocok.
  4. Lumuri dengan tepung panier sampai rata. Langsung di goreng juga gapapa atau bisa di simpan dulu selama 30 menit dalam lemari es sampai agak kering.
  5. Gorenglah dalam minyak panas sedang hingga kuning keemasan. Angkat terus tiriskan
  6. Selamat menikmati
Note: Memangsih sayuran dalam perkedel ini tidak begitu banyak, namun setidaknya ada sayuran yang masuk ke tubuh untuk anak-anak yang memang sangat susah sekali (pake banget) makan sayuran. Sering-seringlah meng-edukasi anak tentang manfaat dari sayuran agar kelak ia menyukainya.
Baca Juga: Resep Sayur Sawi yang nikmat dan bergizi tinggi.

Demikianlah tadi tentang Resep perkedel sayur untuk Anak semoga informasi yang saya berikan bermanfaat bagi para pembaca setia blog Resep-Om, Selamat mencoba dirumah.
Advertisement:

0 Response to "Resep Cara Membuat Perkedel Sayur Untuk Anak - Anak"

Post a Comment