Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Cara Membuat Es Lilin Kacang Hijau

Resep Cara Membuat Es Lilin - Es lilin mah ceu ceu kalapa muda, Di bawa mah di bawa ka Maja Majalaya hehe... jajanan yang akrab dengan orang Sunda ini adalah jajanan jaman dahulu yang masih eksis sampai sekarang.

Cara membuat Es lilin sendiri sangatlah mudah dan praktis. Rasanya pun bisa anda buat dengan beraneka rasa misalnya saja rasa buah seperti, alpukat, mangga, nangka, strawberry dan masih banyak lagi. Bahkan anda juga bisa membuatnya dengan rasa ketan hitam, kacang hijau, dan lain-lain.

Es lilin pada umumnya di senangi oleh anak-anak sebab rasanya yang segar dan manis. Tapi ternyata tidak hanya anak-anak yang menyukainya sebab orang dewasa juga menyukai es jenis ini, apalagi jika meminumnya ketika cuaca sedang panas, pastinya akan terasa lebih nikmat.

Es lilin sering di jual oleh para pedagang keliling dan warung-warung makan, tapi alangkah baiknya bila anda bisa membuatnya sendiri dirumah. Jadi anda bisa membuat es lilin yang sehat dan pastinya anda bisa terhindar dari es lilin yang banyak mengandung bahan yang cukup berbahaya.

Sebab kebanyakan es lilin yang dijual memakai pemanis buatan dan pewarna sintesis yang tentunya sangat buruk akibatnya bagi kesehatan jika di konsumsi secara terus-menerus dan dalam jangka waktu yang cukup lama. Untuk itu Resep Cara Membuat Es Lilin berikut ini mungkin bermanfaat untuk anda.
Resep Cara Membuat Es Lilin Kacang Hijau


Bahan-bahan:
  • ¼ kacang hijau rebus
  •  3 liter air putih matang
  •  3 lembar daun pandan
  •  1 liter santan kelapa ¼ gula pasir
  •  Plastic pembungkus es lilin
  • karet gelang atau tali untuk mengikat

Cara Membuat ES Lilin Kacang Hijau Yang Lembut

Cara Membuat:
  1. Pertama-tama rebus air dan tambahkan gula lalu aduk-aduk rata  hingga mendidih. Selanjutnya, masukanlah kacang hijau yang sudah di rebus.
  2. Tambahkan juga daun pandan dan santan kelapa ke air rebusan gula sebelumnya. Masaklah dengan memakai api kecil sampai mendidih.
  3. Setelah mendidih, angkat kemudian dinginkan lalu masukan kedalam wadah plastik es dan ikat bagian ujungnya. Lakukan sampai hingga selesai.
  4. Yang terakhir, masukan es lilin tersebut ke dalam freezer selama 6-7 jam atau sampai benar-benar membeku.
  5. Jika sudah maka es lilin pun siap untuk di nikmati.
Dalam ptakteknya, anda bisa mengkreasikan baik dari rasa seperti rasa strawberry, coklat, mocca, jeruk, mangga, alpukak dan lain sebagainya, selain itu Kacang hijaunya pun bisa di ganti dengan menu lainnya seperti potongan melon, semangka, pepaya, pisang, kiwi dan lain sebagainya, pokoknya sesuai selera saja.
Baca Juga: Selain resep ES yang terkesan sudah sangat lawas di atas, andapun bisa mencoba Resep ES yang katanya Modern, apakah itu? ES Krim Goreng, hem...pernah denger kan? atau pernah mencicipinya? Pastinya rasanya sangat lezat pake banget kan? Buatnya mudah loh, mau tau caranya? Kesini aja
Demikianlah tadi Resep Cara Membuat Es Lilin mah ceu ceu eh... hehe.

Post a Comment for "Resep Cara Membuat Es Lilin Kacang Hijau"