Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Cara Membuat Tumis Sayur Cabe Hijau

Kali ini Admin mau mengajak untuk mencoba menu kuliner yang satu ini. Tepatnya dari Kabupaten Gunung Kidul yaitu Sayur Lombok Ijo. Kenapa dinamakan sayur lombok ijo, dikarenakan rasa pedas dengan ciri khas irisan cabai hijau sangat menggairahkan. Sayur Lombok Ijo mempunyai cita rasa lezat, dikarenakan adanya gabungan antara rasa manis dan gurih.

Sayur lombok ijo biasanya dinikmati masih hangat bersama nasi merah, atau bisa juga dimakan bersama nasi putih. Menu sayur lombok ijo bahan dasar tempe dan kacang panjang, mempunyai kandungan gizi diperlukan oleh tubuh kita antara lain vitamin A, vitamin B Kompleks, vitamin D, vitamin E, protein,asam lemak, kalsium, zat besi dan zinc.

Vitamin A berfungsi untuk kesegaran dan menjaga kesehatan indra penglihatan kita. Vitamin B Komples mempunyai banyak manfaat seperti menjaga kestabilan metabolisme tubuh, kesehatan sumber energi tubuh, dan kelancaran sistem pencernaan kita, dan meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. 

Vitamin D membantu tubuh melawan virus yang masuk dalam tubuh kita. Vitamin E berperan dalam kesehatan, kesegaran kulit sehingga tidak cepat keriput. Kalsium dan zat besi berguna dalam pertumbuhan dan kekuatan gigi serta tulang kita. Zinc berfungsi sebagai anti radikal bebas. Lalu protein memberi manfaat dalam pembentukan sistem kekebalan tubuh.
Resep Cara Membuat Tumis Sayur Cabe Hijau
Resep Cara Membuat Tumis Sayur Cabe Hijau
Memangsih tampilannya tidak begitu menarik, tapi rasanya ituloh bikin ngangenin, cocok untuk anda yang suka sensasi pedas. Mau tahu cara membuat tumis sayur cabe hijau ini? Ini dia resepnya.

Bahan dan Bumbu
  • Cabai hijau besar ( 1/2 kg ) / sesuai porsi
  • Cabai rawit ( 10 buah ) untuk sensasi pedas menggoda
  • Santan kental ( 500 ml )
  • Bawang merah ( 5 siung )
  • Bawang putih ( 3 siung )
  • Kemiri ( 5 buah)
  • Lada secukupnya
  • Kencur, laos (dikeprek)
  • Gula, garam secukupnya
  • Daun salam ( 2 lembar )
  • penyedap rasa dan juga Garam
 

Cara Membuat Sayur Cabe Hijau Pedas Manis Gurih Nikmat

Cara memasak sayur cabe
  1. Kukus cabe hijau hingga layu, lalu pisahkan.
  2. Irislah bawang merah, bawang putih dan kemiri lalu tumis hingga tercium harum.
  3. Lalu masukkan santan, Masak hingga santan mendidih.
  4. Masukkan cabe hijau yang telah di kukus tadi, aduk hingga merata.
  5. Tambahkan kencur, laos, daun salam, lada, garam, lada aduk merata
  6. Masak sebentar hinggamatang namun jangan sampai kuah santannya habis. Lalu angkat.
  7. Hidangkan bersama nasi putih hangat, lebih nikmat jika ditambah lauk tahu tempe bacem dan dendeng.

Baca Juga: Kalo di atas masakan sayur yang sedikit tidak sehat jika dalam porsi berlebihan, Nah anda pun bisa mencoba resep sayuran yang sangat sehat dan pastinya bergizi yakni >> Resep Cara Membuat Salad Sayur sangat cocok untuk anda yang sedang menjalani diet sehat.
Demikianlah tadi tentang Resep Cara Membuat Tumis Sayur Cabe Hijau semoga informasi yang saya berikan bermanfaat bagi kita semua dan Selamat mencoba dirumah.

Post a Comment for "Resep Cara Membuat Tumis Sayur Cabe Hijau"