Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Cara Membuat Kolak Singkong Yang Empuk

Dapurin.com - Kolak Singkong adalah makanan tradisional yang bisa disajikan sebagai minuman ketika berbuka puasa ataupun saat berkumpul santai bersama keluarga anda.

Siapa yang tidak kenal dengan singkong yang kaya dengan serat dan karbohidrat ini. Singkong bisa diolah menjadi kudapan yang enak untuk keluarga. Apalagi kandungan serat yang dipunyai singkong ini tentunya dapat melancarkan pencernaan. Berikut ini resep cara membuat kolak singkong yang tentunya empuk dan enak untuk anda.

Resep cara membuat kolak singkong ini cukuplah mudah serta bahannya pun sederhana bahkan proses pembuatan nya tak ribet. Anda tentunya ingin menghadirkan berbagai kudapan yang berbeda dengan minuman ketika bersantai dengan keluarga ataupun sajian minuman untuk berbuka puasa.

Sebenarnya bahan dan proses pembuatan kolak singkong ini tak jauh berbeda dengan Kolak Pisang yang telah saya bahas pada resep sebelumnya, hanya saja berbeda pada menu utamanya saja. Resep kolak singkong ini bisa anda coba menjadi salah satu variasi menu untuk berbuka puasa selain dengan kolak durian.
Resep Cara Membuat Kolak Singkong

Bahan-bahan untuk kolak singkong:
  • 500 gr singkong, kupaslah dan potonglah kecil-kecil
  • 200 ml santan yang encer
  • 200 ml santan yang kental
  • 150 gr gula merah
  • 3 lembar daun pandan
  • 200 ml air
  • 1 sdt vanili
  • 1 sdt garam

Cara Membuat Kolak Singkong Yang Empuk

  1. Cara membuat kolak singkong yaitu rebuslah gula merah dengan air, lalu buanglah kotorannya ketika di masak hingga mendidih, masukkanlah singkong dan masaklah hingga empuk atau lunak, masukkanlah santan encer, garam, vanili dan daun pandan.
  2. Aduklah rata, masaklah hingga mendidih dan singkong matang, masukkanlah santan kental, aduklah terus menerus agar santan tak pecah.
  3. Jika dirasa sudah empuk, semua bahan telah tercampur sempurna dan tercium aroma nikmat, matikanlah api dan sajikanlah dalam gelas atau mangkuk.

Cukup mudah bukan untuk membuat kolak singkong yang empuk dan manis? Kolak Singkong ini bisa anda santap hangat-hangat ketika cuaca dingin ataupun bisa disantap dingin dengan cara menambahkan serutan es batu.

Resep cara membuat kolak singkong yang enak dan manis ini tentunya bisa menambah koleksi resep anda guna disajikan baik sebagai menu saat anda berkumpul dengan keluarga atau untuk berbuka puasa. Selamat mencoba! dansemoga berhasil. 💪

Post a Comment for "Resep Cara Membuat Kolak Singkong Yang Empuk"