Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Cara Membuat Es Cendol Durian Nikmat Menggoda

Cara Membuat Es Cendol Durian - Ditempat lain misalnya di Purworejo, provinsi Jawa Tengah, Es Cendol sering dikenal dengan sebutan es dawet, ada dawet ireng namun juga yang umum dijumpai oleh masyarakat adalah cendol yang berwarna hijau.

Es Cendol lebih sering didengar di daerah Jawa Barat yang menggunakan cendol sebagai bahan utamanya yang selanjutnya dicampur dengan sirup gula merah atau gula jawa. Rasa es cendol memang lebih enak bila dihidangkan dengan sirup gula merah, apalagi jika ditambah serpihan kelapa muda.

Jika anda ingin menikmati segarnya es cendol, anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke jawa barat, cukup simak Resep Cara Membuat Es Cendol berikut ini, dan segera mempraktekkanya. Yukk kita persiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu.
Resep Cara Membuat Es Cendol Durian
Resep Cara Membuat Es Cendol Durian

Bahan-Bahan Es Cendol:
  • 500 gram daging durian
  • 100 gram Tepung beras
  • 500 ml santan sebanyak
  • 2 liter Air matang
  • 1 sendok iir kapur sirih
  • 1 sendok serbuk pandan 
  • Garam secukupnya
  • Es batu secukupnya

Bahan sirup:
  • 250 gram gula merah atau gula jawa
  • 500 ml Santan
  • 250 ml air
  • daun pandan 1 lebar

Cara Membuat ES Cendol Dawet Lezat Menggoda

Cara membuat es cendol:
  1. Blender daging durian + air putih secukupnya, gula merah serta garam hingga halus.
  2. Campurlah seluruh bahan-bahan seperti tepung beras, santan, pasta pandan dan juga air kapur sirih. Lalu masak hingga teksturnya menjadi agak kental seperti bubur.
  3. Setelah itu, siapkan baskom yang telah diisi dengan air yang matang dan es batu yang sudah di serut. Siapkan pula saringan yang nantinya berguna sebagai cetakan cendol.
  4. Lalu tuang adonan cendol ke saringan diatas baskom, tekan-tekan sampai adonan cendol sedikit demi sedikit jatuh ke dalam wadah. 
Cara membuat sirup cendol:
  1. Kemudian, buatlah sirup gula jawa. Masak air hingga mendidih dengan menggunakan gula jawa serta ditambah daun pandan. Aduk-aduk hingga semuanya menjadi larut. Tambahkan serpihan kelapa masih muda kedalam sirup gula jawa yang sudah anda buat.
  2. Terakhir didihkan santan dan aduk-aduk terus supaya santanya tidak pecah. Sajikan es cendol tersebut dengan ditambahkan daging durian yang sudah kita blender tadi bersama gula jawa dan juga santan.
Baca Juga: Dari kecil kita sering mendengar dan mencicipi ES Cendol, namun baru-baru ini ada sajian ES Krim yang dibuat unik yakni dengan nama ES Krim Goreng, wew... kok es krim di goreng? haha... penasaran bagaimana cara membuat es krim goreng? simak saja pada artikel saya sebelumnya >>Disini
Nah bagaimana, mudahkan cara membuat es cendol? saya yakin bunda-bunda bisa kok membuat es cendol sendiri dirumah yang pasti lebih higienis dan irit tentunya. he....

Demikianlah. Semoga bermanfaat! Mohon maaf bila ada salah dalam penulisan resep maupun cara membuatnya karena ini di sarikan dari berbagai sumber. Terimakasih

Post a Comment for "Resep Cara Membuat Es Cendol Durian Nikmat Menggoda"